Kerja Sama dengan LPSK, Sri Sultan: Menjadikan DI Yogyakarta Entitas yang Lebih Humanis dan Berkeadi

7 September 2021 , Ditulis Oleh : Fakhrul Haqiqi


YOGYAKARTA – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperpanjang Nota Kesepakatan tentang Sinergi Layanan Perlindungan Saksi dan/atau Korban Tindak Pidana. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X berharap dari kerja sama itu menjadi DIY sebagai entitas yang lebih humanis dan berkeadilan.

Penandatanganan Nota Kesepakatan oleh Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo dan Gubernur DIY itu dilakukan di kantor Gubernur DIY, Selasa (7/9-2021), disaksikan Wakil Ketua LPSK Antonius PS Wibowo dan Susilaningtias,  Sekda DIY Aman Yuriadijaya dan Waka Polda DIY Brigjen Pol Raden Slamet Santoso.

Menurut Hasto, dari penandatanganan Nota Kesepakatan LPSK dan Pemprov DIY, diharapkan terwujudnya dukungan terhadap aktivitas LPSK Perwakilan DIY, terwujudnya pelaksanaan layanan perlindungan oleh LPSK di DIY, serta terwujudnya mekanisme dan tata cara kerja sama dalam upaya pemberian layanan pemenuhan hak saksi dan korban.

“LPSK melihat peran strategis pemerintah daerah dalam membantu dan berkontribusi dalam pemenuhan hak saksi dan korban tindak pidana. Sehingga dalam beberapa tahun terakhir, LPSK gencar menjajaki kerja sama dengan pemerintah daerah, termasuk salah satunya dengan Pemprov DIY,” ungkap Hasto.

Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono menyoroti perlunya kehadiran LPSK di DIY yang disebabkan potensi kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan yang cukup memprihatinkan. Dia melansir data Dinas Sosial DIY pada periode Januari-Juni 2019, rata-rata terjadi 60 kasus.

“Artinya ada 10 kasus rata-rata per bulan. Ini baru yang dilaporkan dan diperkirakan lebih banyak lagi. Persoalan utamanya ialah rasa malu bagi korban atau keluarga untuk melapor. Saya berharap perpanjangan Nota Kesepakatan ini dapat memfasilitasi para penyintas yang mayoritas diam itu,” kata Sri Sultan.

HUMAS LPSK





  Komentar

Related Post

Pelatihan “Self Love” Penyintas Terorisme: Bangkit Itu Pilihan

DENPASAR – Senyum lebar dan kegembiraan terpancar…

15 October 2021

Peringati Hari HAM, Kemenkumham Siap Kolaborasi dengan LPSK

JAKARTA – Setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai…

15 October 2021

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman Menjaring Aspirasi Penguatan LPSK

Jakarta — Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra…

14 October 2021