Korban Terorisme Gunung Lawu dan Mako Brimob Terima Kompensasi

8 September 2021 , Ditulis Oleh : Fakhrul Haqiqi


Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyerahkan kompensasi bagi dua korban peristiwa terorisme di Gunung Lawu, Karang Anyar, dan dua ahli waris korban dari serangan terorisme di Mako Brimob, Depok.

Kompensasi masing-masing korban dan ahli waris korban, diserahkan oleh Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Wakil Ketua LPSK Susilaningtias serta Antonius PS Wibowo, bertempat di kantor Gubernur DI Yogyakarta, Selasa (7/9-2021).

Dua korban peristiwa terorisme di Gunung Lawu menerima total kompensasi senilai Rp87.496.650, sementara dua ahli waris korban serangan terorisme di Mako Brimob menerima total kompensasi senilai Rp119.200.000.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, kompensasi dibayarkan setelah adanya putusan pengadilan No. 115/PID.SUS/2021/PN.JKT.TIM untuk kasus terorisme Gunung Lawu, dan putusan pengadilan No. 526/PID.SUS/2020/PN.JKT.TIM untuk kasus terorisme di Mako Brimob.

“Kompensasi merupakan wujud hadirnya negara melalui LPSK terhadap para korban terorisme. Nilai kompensasi tidak akan sebanding dengan penderitaan korban, tetapi setidaknya negara menunjukkan kehadirannya kepada para korban,” kata Hasto.

Dari dua kasus terorisme tersebut, lanjut Hasto, para pelakunya sudah divonis oleh majelis hakim. Untuk pelaku dari peristiwa terorisme di Gunung Lawu divonis pidana 6 tahun penjara. Sedangkan pelaku dari peristiwa terorisme di Mako Brimob, divonis dengan pidana hukuman mati.

Acara penyerahan kompensasi juga dihadiri Asisten bidang Pemerintahan Setda DIY, Waka Polda DIY Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, Dir Reskrimum Polda Jateng Kombes Djuhandani, Kejati DIY, Kejari Yogyakarta dan jaksa penuntut umum (JPU) dari kedua kasus terorisme tersebut.

HUMAS LPSK





  Komentar

Related Post

Pelatihan “Self Love” Penyintas Terorisme: Bangkit Itu Pilihan

DENPASAR – Senyum lebar dan kegembiraan terpancar…

15 October 2021

Peringati Hari HAM, Kemenkumham Siap Kolaborasi dengan LPSK

JAKARTA – Setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai…

15 October 2021

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman Menjaring Aspirasi Penguatan LPSK

Jakarta — Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra…

14 October 2021