Pembayaran Kompensasi, Bukti LPSK Penuhi Hak Korban Terorisme

13 October 2021 , Ditulis Oleh : ni'matul hidayati


DENPASAR – Pembayaran kompensasi oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) membuktikan aturan terhadap hak korban yang dituangkan dan dijamin undang-undang, bukan sekedar untaian kata yang indah, tetapi dapat dibuktikan dan diwujudkan dengan nyata.

Demikian disampaikan Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo pada acara Peringatan Peristiwa Bom Bali, di Denpasar, Selasa (12/10-2021) yang juga dihadiri Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Country Manager and Liaison to ASEAN UNODC Collie Brown, Wakil Ketua LPSK Susilaningtias dan Achmadi, perwakilan pemerintah daerah di Bali serta penyintas terorisme.

“Pembayaran kompensasi berlaku surut sejak terjadinya peristiwa Bom Bali 2002 dan secara simbolis diserahkan langsung oleh Bapak Presiden Republik Indonesia pada 16 Desember 2020 terhadap 215 korban dengan total nilai kompensasi sebesar Rp39,2 miliar,” ungkap Hasto. 

Namun, lanjut Hasto, dibandingkan beban penderitaan para korban yang harus ditanggung selama seumur hidup, jumlah kompensasi tersebut tentunya tidak seberapa artinya. Akan tetapi pembayaran kompensasi ini sebagai wujud nyata dari salah satu bentuk tanggung jawab negara dalam memberikan rasa keadilan kepada para korban. 

Pada momen peringatan Bom Bali I kali ini, Wakil Ketua LPSK Susilaningtias menegaskan kembali bahwa selain kompensasi dan bantuan kepada para korban terorisme, negara melalui LPSK, BNPT dan Pemerintah Daerah di Bali senantiasa mengenang para korban terorisme di Bali. 

Peringatan ini, menurut Susi, bukanlah sebuah selebrasi tetapi pemberian penghargaan dan penghormatan kepada para korban terorisme. Momen ini mengingatkan publik atas tragedi kemanusiaan yang pernah terjadi di Bali.

HUMAS LPSK




  Komentar

Related Post

Tiga Anak Korban Kekerasan Terima Hak atas Restitusi Rp25.153.263

LAMPUNG SELATAN – Wakil Ketua Lembaga Perlindungan…

1 April 2022

Pelatihan Self Love: Berdamai dengan Masa Lalu, Menyambut Diri yang Baru, Berdikari Jiwa Entreprener

BALI – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)…

29 March 2022

Pelantikan 33 CPNS LPSK: Semangat Baru Kerja Perlindungan Saksi dan Korban

JAKARTA – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)…

28 March 2022