LPSK Bersinergi dengan KPAI dan KPPPA, Advokasi Pemenuhan Hak Restitusi Anak Korban Tindak Pidana

27 April 2022 , Ditulis Oleh : ni'matul hidayati


LPSK Bersinergi dengan KPAI dan KPPPA, Advokasi Pemenuhan Hak Restitusi Anak Korban Tindak Pidana 

JAKARTA – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bersinergi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dalam mengavokasi pemenuhan hak restitusi dalam perlindungan anak korban tindak pidana.

Sinergi itu ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama antara tiga pihak bertempat di kantor KPAI, Jakarta, Rabu (27/4-2022). Penandatanganan kerja sama dilakukan Sekretaris Jenderal LPSK Noor Sidharta, Ketua KPAI Susanto dan Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian PPPA Nahar.

Sekretaris Jenderal LPSK Noor Sidharta mengatakan, sinergi dan kolaborasi LPSK, KPAI dan KPPPA menjadi penting dalam pemenuhan hak korban. “Restitusi sebagian dari hak korban. Dalam pratik, putusan hakim tidak selalu sama dengan hasil perhitungan LPSK yang dimasukkan dalam tuntutan JPU. Kalaupun diputuskan hakim, belum tentu pelaku bayar restitusi,” ujar Sidharta.

Karena itulah, Sidharta menilai pentingnya PKS ini sebagai upaya LPSK, KPAI dan Kementerian PPPA dalam mengadvokasi pemenuhan hak restitusi dalam perlindungan anak korban tindak pidana. Sehingga anak korban bisa mendapatkan haknya untuk mendapatkan pemulihan setelah mengalami tindak pidana.

Ada beberapa ruang lingkup yang diatur dalam PKS antara LPSK, KPAI dan Kementerian PPPA, yaitu penguatan advokasi kebijakan dan/atau regulasi terkait pemenuhan hak restitusi dalam perlindungan anak korban tindak pidana; pemenuhan hak restitusi anak korban tindak pidana; koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak anak korban tindak pidana termasuk pemenuhan hak restitusi; pertukaran data dan/atau informasi terkait perkara pidana anak korban tindak pidana; dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di tingkat aparat penegak hukum.

HUMAS LPSK




  Komentar

Related Post

Selain Ibadah, Bulan Syawal Jadi Momentum Tingkatkan Kinerja

JAKARTA – Hari pertama setelah cuti bersama Hari Raya…

10 May 2022

Sekretaris Jenderal LPSK Lantik Tiga Pejabat Eselon II, Tenaga Ahli dan Tim Penilai

 Sekretaris Jenderal LPSK Lantik Tiga Pejabat…

28 April 2022

LPSK Bersinergi dengan KPAI dan KPPPA, Advokasi Pemenuhan Hak Restitusi Anak Korban Tindak Pidana

LPSK Bersinergi dengan KPAI dan KPPPA, Advokasi Pemenuhan…

27 April 2022