Profil Pimpinan

Nama

Drs. Hasto Atmojo Suroyo, M.Krim.

Jabatan

Ketua LPSK RI

Profil

Hasto Atmojo Suroyo terlahir dari Keluarga Perwira Angkatan Udara. Berlatar belakang pendidikan Sosiologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada, dan kemudian memperoleh gelar Magister di jurusan Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

 

Sejak duduk dibangku kuliah Hasto aktif bersama rekan-rekannya mendirikan Kelompok Studi dan Bantuan Hukum (KSBH) di Yogyakarta. Selama aktif di KSBH inilah Hasto mulai terlibat dalam aktivitas advokasi dan perjuangan hak-hak masyarakat yang terpinggirkan. Kasus besar yang ikut diadvokasi oleh Hasto adalah pembebasan tanah untuk pembangunan taman wisata Borobudur dan Prambanan, dan pembebasan tanah untuk pembangunan Waduk Kedungombo.

 

Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1983 Hasto kemudian aktif di Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Jakarta sampai tahun 1993. Sejak 1993 Hasto lebih aktif sebagai Dosen Sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univesitas Nasional, dan pada tahun 2002 terpilih sebagai Dekan Periode 2002 - 2006. Pada saat yang sama Hasto juga terpilih sebagai salah satu Anggota (Komisioner) Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Periode 2002 - 2007. Pada 2006, Hasto terpilih kembali sebagai Dekan Periode 2006-2010.

 

Pada 2013, Hasto terpilih sebagai salah satu Pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan kemudian menjadi salah satu Wakil Ketua sampai pada 2018. Di awal 2019, Hasto kembali terpilih sebagai salah satu Pimpinan LPSK, dan kemudian menjabat sebagai Ketua LPSK Periode 2019 - 2024.