Profil Pimpinan

Nama

(Dr.iur.) Antonius PS Wibowo, S.H., M.H.

Jabatan

Wakil Ketua LPSK RI

Profil

(Dr.iur.) Antonius PS Wibowo, SH., MH. adalah Sarjana Hukum lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 1989. Antonius melanjutkan studi S2 pada Program Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas lndonesia Jakarta (mengambil konsentrasi Hukum dan Sistem Peradilan Pidana ) dan lulus tahun 2001. Pendidikan S3 nya diselesaikan pada Fakultas Hukum Universitas Justus Liebig di Giessen, Jerman (an der Juristischen Fakultaet der Justus-Liebig-Universitaet in Giessen, Deutschland).

 

Sejak tahun 1991, Antonius menjadi dosen  tetap di Fakultas Hukum Unika ATMA JAYA Jakarta. Jabatan akademik saat ini adalah Lektor Kepala di bidang Hukum Pidana dan Hukum Acara Pidana.  Sejak tahun 2014 ber-home base di Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unika ATMA JAYA Jakarta, dan ditugaskan mengasuh mata kuliah Hukum Pidana Internasional, dan Hukum Perlindungan Anak dan Wanita. Berbagai jabatan/tugas yang pernah diemban oleh Antonius, antara lain,  adalah Kepala Bagian Hukum Pidana, Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum, Ketua Senat Fakultas Hukum Unika ATMA JAYA Jakarta, Sekretaris Senat Universitas Katolik Indonesia ATMA JAYA Jakarta, dan Dekan Fakultas Hukum Unika ATMA JAYA Jakarta.

 

Antonius aktif mempresentasikan hasil riset dan atau pemikiran ilmiah di forum ilmiah Internasional di luar negeri, antara lain, di Hiroshima Jepang, New Delhi India, Giessen – Jerman, Queensland Australia, Kuala Lumpur Malaysia, Hongkong, Taiwan, dan Singapura. Antonius juga aktif bertindak sebagai nara sumber dalam berbagai forum ilmiah di dalam negeri, baik di Universitas Negeri maupun swasta, juga di lingkungan Kementerian/Lembaga Negara. Antonius tercatat sebagai anggota organisasi profesi keilmuan di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

Pada tahun 2018, Antonius mengikuti seleksi Calon Pimpinan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Republik Indonesia, dan kemudian terpilih menjadi Wakil Ketua LPSK Periode 2019-2024, dengan melakukan Sumpah Jabatan di hadapan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 07 Januari 2019.