Jalan Remang Kesaksian Antologi Puisi Saksi Korban

03 November 2015 | Ditulis Oleh : Publisher


Puji Syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, setelah melalui proses pengumpulan yang panjang dan bekerjasama dengan seniman Tembi Rumah Budaya, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, buku antologi puisi Saksi Korban yang diberi judul "Jalan Remang Kesaksian” pada akhirnya bisa diterbitkan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi ruang bagi seniman mengekspresikan kepedulian dan empati mereka kepada korban. Juga melalui sastra para seniman diharapkan dapat mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli pada korban.

Puisi merupakan sebuah karya sastra seni bahasa yang memasukan kualitas estetik dibanding sekadar semantik. Oleh karenanya Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) melihat puisi sebagai salah satu media yang tepat untuk mensosialisasikan keberadaan LPSK dan Perlindungan Saksi dan Korban. Melalui puisi pula diharapkan pesan terkait perlindungan saksi dan korban tersampaikan melalui suatu estetika bahasa. Puisi Saksi dan Korban diharapkan dapat memberikan pemahaman yang benar, utuh dan mendalaman mengenai perlindungan saksi dan korban serta mengenai kelembagaan LPSK bagi para penggiat sastra, masyarakat dan aparat penegak hukum di daerah.

Melalui buku ini juga diharapkan terbangun jaringan yang kuat antara LPSK dengan para penggiat sastra tidak hanya di antara seniman Tembi Rumah Budaya, namun penggiat sastra yang lebih luas. Sehingga para penggiat sastra pun bisa turut pula membantu saksi dan korban yang kesulitan, setidaknya menyampaikan keberadaan LPSK, jika mereka melihat atau menemui saksi dan korban yang membutuhkan perlindungan.

Penggunaan media sastra ini sekaligus juga untuk mematahkan pandangan yang keliru seolah-olah urusan hukum dan masalah korban hanyalah milik aparat penegak hukum, sarjana hukum. Padahal permasalahan korban dan saksi bisa terjadi pada siapapun dan di mana pun. Oleh karena itu semua pihak harus mengetahui dan familier dengan isu perlindungan saksi dan korban.

 

Abdul Haris Semendawai

Ketua LPSK

Selanjutnya download disini